12 Agustus 2014

Masjid Raya Makassar yang Indah

Tatkala surya muncul di hari pertama di bulan Syawal, seluruh umat Islam menyambut Hari Raya Idul Fitri. Sambutlah Hari Kemenangan di Masjid Raya Makassar dalam suasana khusyuk di masjid nan megah.

Salah satu masjid yang mesti dikunjungi oleh pelancong di Makassar adalah masjid Raya Makassar. masjid terbesar kedua di makassar ini selain indah juga menyimpan cerita sejarah yang gemilang.


Walau disebutkan masjid ini dibangun pada tahun 1949, saya yakin sekali bahwa masjid ini sudah berdiri dan digunakan jauh sebelum tahun itu. Setelah itu, masjid mengalami renovasi berkali-kali dan terakhir kali direnovasi pada tahun 1999 dengan bantuan dari Jusuf Kalla. Makanya dari itu masjid ini juga sering dikaitkan dan disebut sebagai masjid Jusuf Kalla. 



Dalam sejarahnya, masjid yang menjadi basis perjuangan umat Islam di Makassar, pernah menjadi tuan rumah MTQ pertama di Indonesia tahun 1955. Tercatat Presiden RI pertama Soekarno pernah singgah dan salat di masjid ini. Begitu juga dengan Presiden Soeharto.



Masjid Raya Makassar ini dibangun di atas lahan seluas 13.912 meter persegi yang dihibahkan untuk pembangunan masjid tersebut. Masjid indah ini diarsiteki oleh  M Soebardjo. Bangunan induk masjid indah ini dapat menampung 10.000 jemaah dan jika digabung dengan halaman maka masjid ini dapat menampung sekitar 50.000 jemaah.



Masjid yang terletak di Jalan Masjid Raya ini memang indah. Warna abu-abunya memberikan kesan sejuk dan tenteram. Apalagi ketika kita memasuki bagian dalam masjid yang luas itu. Suasana tenang dan nyaman langsung menyergap kita.



Kaligrafi indah yang menghiasi dinding dan bagian mimbar memberikan nuansa spiritual yang kental. Tebaran kaligrafi Asmaul Husna memberikan kekayaan spiritual yang dahsyat.



Masjid Raya Makassar dengan gaya arsitektur ala Spanyol itu dilengkapi beberapa fasilitas seperti TPA, Perpustakaan, Kantor MUI, tempat wudhu, area parkir dan kamar mandi. Fasilitas itu tentu membuat orang-orang yang ingin beribadah menjadi betah.



Sebagai tempat ibadah yang indah, Masjid Raya Makassar tidak pernah sepi, baik ketika salat lima waktu, salat Jumat, Salat Tarawih, Salat Idul Fitri, dan Idul Adha. Apalagi pada bulan mulia Ramadan, pihak masjid selalu menyediakan hidangan berbuka puasa bagi jamaah. Gratis lho!


Dimuat juga di Detik Travel.

0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah memberikan komentar pada posting ini... sukses selalu

    Blogger news

    Blogroll

    About