05 Maret 2009

bagi yang belum tahu saja

Berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2006, 6 dari 10 rumah
tangga Indonesia atau sekitar 35,1 juta rumah tangga mempunyai pengeluaran untuk rokok.

"Rumah tangga perokok mengeluarkan biaya untuk tembakau dan sirih sebesar Rp 117.624 per bulan atau sebesar 9,29 persen dari seluruh pengeluaran rumah tangga".

berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) dan Departemen Kesehatan (Depkes) tahun 2007 menunjukan, bahwa rata-rata jumlah rokok per hari yang dihisap perokok di desa sebanyak 11 batang. Sedangkan perokok di kota menghabiskan 12 batang.

rata-rata jumlah rokok yang dihisap oleh perempuan mengalami kenaikan yang yang cukup tajam dari 10 batang per hari pada 2004 menjadi 16 batang per hari pada 2007".

"Pengeluaran untuk rokok dari rumah tangga miskin sebesar 11,9 persen dan pengeluaran rokok dari rumah tangga kaya sebesar 6,8 persen. Hal ini menunjukan bahwa pegeluaran rokok keluarga miskin lebih besar dari keluarga kaya," Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI)

Jika dibandingkan dengan jenis pengeluaran lainnya, pengeluaran tembakau dan sirih per bulan untuk rumah tangga termiskin setara dengan 17 kali untuk pembelian daging, 15 kali untuk pengeluaran biaya kesehatan, 9 kali untuk pengeluaran pendidikan dan 5 kali untuk pengeluaran susu dan telur.

hasil penelitan Komnas PA pada tahun 2007-2008. "Anak-anak berusia 13-15 tahun baik laki-laki dan perempuan terdorong dan terinspirasi merokok dari iklan rokok,"

"Meski dikatakan ada 10 juta tenaga kerja yang terlibat industri ini, faktanya hanya 250 ribu tenaga kerja yang bekerja di pabrik dan 684 ribu petani tembakau," kata Peneliti Lembaga Demografi FEUI Abdillah Ahsan.

Indonesia satu-satunya negara di Asia yang tidak meratifikasi Undang-Undang pembatasan merokok atau Framework Convention on Tobacco Control (FTCCC).

yang mau tahu lainnya kunjungi ini




0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah memberikan komentar pada posting ini... sukses selalu

    Blogger news

    Blogroll

    About