16 Agustus 2014

Serasa memiliki pantai pribadi di Liang Kareta Selayar

Saya pernah menyesal berkali-kali ke Selayar tapi tidak rajin menjelajahi pantai-pantainya. Sungguh. Setelah melihat pantai landai  berpasir putih, airnya yang jernih, ikan-ikan berwarna warni, saya jatuh cinta sama Selayar.Ya bagaimana tidak jatuh cinta, Selayar itu selain indah juga merupakan kampung halaman bapak.
Boleh lah dibilang Pulau Selayar adalah salah satu pulau terindah di Indonesia. Sumpah. Bukan karena bapak saya yang orang selayar itu. Banyak keindahan panorama alam, sejarah dan orang-orang yang menempatinya yang layak untuk diceritakan.

Selayar adalah kabupaten di ujung Provinsi Sulawesi Selatan yang menahbiskan dirinya sebagai Kabupaten Kelautan. Wajar saja karena kabupaten ini terdiri dari ratusan pulau-pulau. Pulau terbesarnya tentu saja Pulau Selayar. Karena merupakan kabupaten kelautan maka banyak sekali potensi laut yang masih belum tergali.

Salah satu pantai yang ingin saya ceritakan adalah pantai Liang Kareta di sebelah barat pulau Gusung. Jalan-jalan dan berkunjung ke pantai ini seperti memiliki pantai sendiri.

Untuk bisa mencapai pantai indah berpasir putih itu kita mesti menyewa joloro, sampan motor kecil yang muat 5-8 orang. Tak perlu khawatir harganya cukup murah kok 200-300 ribu rupiah. Dengan harga semurah itu, tukang joloro akan dengan senang hati mengantarkan kita ke tempat tujuan dan menunggu sampai kita puas bermain di Liang Kareta.

Sebelum berangkat ke Liang Kareta, jaga kondisi tubuh agar tetap fit. Perjalanan yang cukup lama dari kota Benteng ke bagian barat Pulau Gusung cukup jauh. Setelah makan yang cukup dan membawa perbekalan, jangan Lupa minum dulu Liang Teh Cap Panda agar terhindar dari mabuk laut. Apalagi bila sebelumnya mengonsumsi makanan berlemak, kurang minum air putih, jarang makan sayuran.

Penduduk Selayar yang lebih sering makan ikan dan kurang menyantap sayuran, ditambah lagi dengan cuaca pantai yang panas menyengat merupakan beberapa penyebab timbulnya panas dalam. Untuk mengegah panas dalam dan kegiatan bersuka ria di pantai tidak terganggu, minum dulu Liang Teh Cap Panda.

Liang Teh Cap Panda dibuat dari bahan- alami yang berkhasiat seperti, liquorice, chrysanthemum, honeysuckle, mesona palustris, dan plumaria lubra sudah dikenal masyarakat tradisional sebagai herbal penambah stamina dan  menghilangkan panas dalam tanpa memberikan efek samping. Enak lho, apalagi diminum dalam kondisi dingin.

Setelah segala persiapan beres tujuan awal saya meminta untuk menuju spot snorkeling yang tak jauh dari pantai Kota Benteng. Sampai di spot snorkeling saya sempat kecewa karena tukang joloro tidak mengetahui spot snorkeling yang tahun lalu saya selami. Dan ternyata beberapa teman dan saudara saya masih belum nyaman menggunakan snorkel dan masker ditambah dengan pelampung. Akhirnya diputuskan untuk segera ke Liang Kareta.

Pantai itu memang keren. Terpencil dari rumah penduduk membuatnya tetap cantik dan elok. Pantai Liang Kareta yang dengan bentangan pasir putih sepanjang 50 m siap menanti siapa saja yang mengunjunginya.

Setelah sampai tempat landai, saudara-saudara saya segera berloncatan, menumpahkan kegembiraan dan kehebohannya di pantai yang berpasir putih bersih itu. Maklum saja, seumur hidup mereka belum pernah melihat pantai seindah Liang Kareta.

Namun jangan terbuai keindahannya saja. Perlu juga berhati hati karena di pantai ini sering didapati pecahan kaca dan botol yang terbawa arus entah dari mana. Di pantai ini juga tidak tersedia WC. Jadi para pengunjung yang mau datang ke sini mesti memperiapkan dirinya. Kalau kebelet pipis ya tinggal lari ke pantai dan buang pipis di situ. Kalau mau BAB ya tinggal pintar saja cari batu sembunyi dan buang hajat di situ.

Setelah puas bermain di pantai, segera pulihkan lagi tubuh agar kembali fit. Dalam kondisi seperti ini, Liang Teh Cap Panda sarang burung sangat pas untuk menyegarkan tubuh. Rasa yang segar dan buliran sarang burung yang enak bisa membuat tubuh kita fit setelah aktifitas di Pantai  Liang Kareta. Dengan kondisi badan seperti itu, perjalanan meninggalkan Liang Kareta menjadi perjalanan yang tak akan pernah dilupakan.

Lokasi Pulau Gusung
Nemo di perairan Gusung Selayar
Snorkeling di perairan Gusung


Private Beach? Bukan. Ini Gusung.

Lost in Liang Kareta

84 komentar:

  1. Private Beach Mbois / Keren ... Foto nya bagus mas...waktu di dalem air
    Sesama Peserta mas... Lagi Blog Walking ... http://mlgcoffee.com/2014/08/10/malang-destinasi-pantai-eksotis-yang-perawan/

    BalasHapus
  2. terima kasih kunjungannya mas fariz... sukses selalu ya.

    BalasHapus
  3. Pantainya indah banget. Sukses ngontesnya ^^

    BalasHapus
  4. terima kasih mbak Ika ... Salaam

    BalasHapus
  5. pantai yang indah dan bersih... sukses yaaa

    BalasHapus
  6. terima kasih mbak par... semoga terjaga pantainya

    BalasHapus
  7. oh ya... di Karimun jawa juga ada selayar... ada hubungannya ndak yaa

    BalasHapus
  8. oh ya... mungkin hubunga kerabat sebangsa tanah dan air... :)

    BalasHapus
  9. Waaah pantainya keren sekali. Bawah lautnya ada ikan nemonya jugaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini baru satu panti lho... di selayar masih banyak pantai yang seindah Liang kareta ini. btw. terima kasih sudah komentar

      Hapus
  10. Balasan
    1. selayar kaya dengan spot snorkeling dan diving mas... untuk wisata laut lengkap deh

      Hapus
  11. saya sering mendengar keindahan pantai di selayar dari rekan2 blogger yang hobby traveling,,bahkan ada tempat khusus untuk penangkaran penyu...melihat dan membaca artikel ini...terbukti memang pantainya eksotis sekali.....jadi penasaran ke selayar .....
    keep happy blogging always...salam :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ditunggu di selayar daeng... pantainya keren keren. apalagi kalau bisa sampai Taka Bonerate (saya juga belum ding) terima ksh kunjunganya

      Hapus
  12. Asa inget ka ATI D'Academy .... NUhun udah mampir ke http://www.bennyrhamdani.com/2014/08/pantai-lawar-surga-tersembunyi-di.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah. Aty selayar alias Aty kodong, yang membuat selayar tambah terkenal... nuhun kang sudha mampir juga

      Hapus
  13. Pantainya cantik banget. sepi dan bersih, pasirnya masih putih. airnya jerniiiiih :D yang paling enak tuh ya sepinya, ga kaya pantai2 yang dipake tempat wisata, ramai dan banyak sampahnyaaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya... pantai yang sangat indah. jarang-jarang bisa bersenang senang di pantai yang keren itu

      Hapus
  14. wakkk ada nemooooo :( aku mau satu dong nemo'a :( boleh bawa pulang gak :D
    good luck yahh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. he he he, kasihan ya kalau nemonya dibawa pulang... nanti bapaknya nyari ke mana lagi

      Hapus
  15. Balasan
    1. si nemonya cukup banyak di perairan gusung ini. keren lah pokoknya

      Hapus
  16. mantaaap , surga bawah lautnya , gambar di dalam air yg ada ikan nemonya oke, pasti jernih sangat disana jdi fotonya bagus. mari mampir di blog ku : http://jurnal-backpacker.blogspot.com/2014/07/traveling-ke-pantai-indonesia-operasi-p3.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. visibilitas bagus masbro. masih banyak spot yang perawan. Meluncur ke TKP... terima kasih sudah mampir

      Hapus
  17. waow keren banget pemandangan bawah lautnya mas
    pengin ikutan nih jadinya
    mampir di blogku jga ya mas www.priangga.web.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mariii ke Selayar. banyak pantai indah yang belum terekspos lho... terima ksh sudah menengok ke sini ya

      Hapus
  18. baru denger niih pantai yang ini keren bingitsss...laur biasa pantai Indonesaaah...ga ada matinyaa...

    sukses ngontesnya yaa...sile mampir juga ke pantai di pesisir selatan banten http://ophiziadah.blogspot.com/2014/08/sawarna-eksotisme-pesisir-selatan-banten.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selayaar memang baru membuka diri... banyak pantai eksotiknya... salam

      Hapus
  19. wih, kece abis karangnya! good luck gan

    BalasHapus
  20. Pantai yg keren sekali. Air yg jernih, visibilitasnya bagus. Mg terjaga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga terjaga pantai pantai indan di indonesia. Trims dah mampir

      Hapus
  21. Negeri ini dikaruniai keindahan alam luar biasa. Pantai yg cantik. Sukses ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali. Negeri dengan ribuan pantai indah. trims dah mampir dan memberi komentar

      Hapus
  22. keren pantainya. bisa snorkeling juga. goodluck ya..mohon kunbal en komen juga di http://supertayo.blogspot.com/2014/08/menikmati-pagi-di-pantai-sundak.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu pantai pribadi (gayanya) maka harus tetap bersih dan lestari agar para pengunjung tidak kapok. terima kasih. meluncur ke TKP

      Hapus
  23. sueer... pantai yang kereen... good luck mas bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agree. Cantik dan menarik. terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  24. wow,keren bangettt pantainyaa :)

    BalasHapus
  25. Waaaaaahhhh bintang laut,ikan2 lucu, snorkling bikin ngiler. Bersih pula pantainyaaaa....ngiler berat!!
    sukses ngontesnya n jgn lupa mampir :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mari ke selayaaar... banyak pantai kerennya lho. (kunjungi juga yang satu ini yaa http://fajarmuchtar.blogspot.com/2014/08/menyingkap-tujuh-surga-tersembunyi.html

      Hapus
  26. Pantai yang begini saya suka. Indah, bersih dan tak terlalu ramai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. betul dan tidak ramai orang, karena cukup jauh dari rumah penduduk. jadi betul-betul seperi punya pantai pribadi. Pernah ke pantai mana aja?

      Hapus
    3. Pernah ke beberapa pantai, Ancol dan cukup sering pangandaran.

      Hapus
    4. oooh. Pangadaran ada pasir putihnya juga.

      Hapus
    5. Iya. tapi sangat ramai. apalagi kalau liburan. ndak nyaman.

      Hapus
    6. betul. betul. betul. Batu karas pernah?

      Hapus
    7. Pernah. beberapa pantai pangandaran cukup gampang dicapai. Pantai timur dan barat. cuma sudah sangat kotor.

      Hapus
    8. Moga aja pengelolanya bisa menjaga pantai-pantai di pangandaran.

      Hapus
    9. Amiien. sukses ya ngontesnya....

      Hapus
    10. amien. terima kasih sudah mampir dan komentar

      Hapus
  27. Waw,... Indah sekali pemandangannya mas..
    Salam santun Santri Indigo Cilacap

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah mampir. mas Santri. Selayar memang diberi karunia pantai-pantai yang indah. alhamdulilllah

      Hapus
  28. Wahhh keren banget bisa nyelam!

    Jangan lupa mampir ke cilacap, cinta lama tak terucap~

    http://www.bangsatruk.com/2014/08/traveling-ke-pantai-cilacap.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan-kapan main ke selayar yaa... trimakasih sdh mampir

      Hapus
  29. Subhanallah,,super keren ya kang,,brp budget kesana????

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kunjungannya mbak dwie... untuk ke sana kisaran 4-6 juta durasi 7 hari... ke sana yuuuk. ada festival taka bonerato lho

      Hapus
  30. pngen.. ak belum pernahhhh :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayu atuh... kan tingggal buat proposal sama mamah... keren lho. nanti nyesel ndak pernah ke sana

      Hapus
  31. pantainya keren gan...

    mampir juga ke blogku ya
    http://gubugkecilsangentung.blogspot.com/2014/08/17-agustusan-di-pantai-klayar-banyu.html

    BalasHapus
  32. Selayar... ada sodaraku yg di sana.
    Pengen suatu saat ke sana, tapi harus nabung yang dalemmmmmm bgt krn ongkos pesawtnya mahal :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. di daerah mana saudaranya tinggal? wah beneran harus ke sana deh. nabuuuung...

      Hapus
  33. Pengin deh ke pulau Selayar. Keren pantainya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip... sip... sip... semoga kesampaian niat dan maksudnya... terima kasih

      Hapus
  34. Semoga aku kesampaian ke tanah leluhurku yang indah ini

    BalasHapus
  35. wah,masuk list liburan nih kpn2 :D

    BalasHapus
  36. Kampung halamanku.. Tapi aku belum pernah ke Pantai Selayar... :(
    Nice post...

    Main ke blog-ku juga yaaa.. http://www.adventurose.com/2014/08/liburan-luar-biasa-di-pantai-trikora.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus dong main ke tanah leluhur. silaturahim dengan sanak saudara di sana. salam.

      Hapus
    2. Udah pernah ke sana... Tapi gak sempat main ke Pantai Selayar. So next time harus disempatin.. :)

      Hapus
    3. tentu harus disempatin mumpung di sana banyak pantai menariknya

      Hapus
    4. bagus pisan euy... iraha urang ka ditu?

      Hapus
  37. doain yaa semoga berhasil.... wish me luck.... allahumma shalli ala muhammad wa ali muhammad

    BalasHapus

terima kasih sudah memberikan komentar pada posting ini... sukses selalu

    Blogger news

    Blogroll

    About