15 Mei 2013

Sepertinya harus memikirkan sebuah kamera lagi

Gondok rasanya kalau membawa kamera ke tempat hunting dan pas di sana tidak bisa dipakai. Tidak hanya sekali, Sudah dua kali ! Pas mau dipakai batrenya ngedrop. Padahal secara haqqul yakin saya sudah mencharger batrenya semalam dan lampu menunjukan batre penuh. Akhirnya menggunakan eepad asus dan BB. Ah, rupanya memang harus memikirkan sebuah kamera lagi. Ya betul. memikirkannya saja dulu, belinya nanti kalau ada rejeki berlebih.

Ada beberapa kandidat yang sudah saya coba survey di Bhineka.com. Pilihannya DSLR, prosumer dan kamera pocket.

Untuk kamera DSLR pilihan saya jatuh pada Nikon D3200. Sebelumnya saya menggunakan seri terdahulunya yaitu D3100. Untuk pemula seperti saya, Seri 3000 dari nikon ini cukup bisa diandalkan. Selain dari sisi kemampuan tidak jauh dengan seri 5000 masih bisa didapat dengan harga (relatif) murah. Ketika Nikon mengeluarkan seri D3200 nya maka pilihan saya jatuhkan kepadanya. Sudah kadung senang sih.

Kekurangan dari kamera DSLR adalah karena bodynya yang besar dengan pilihan lensa yang terbatas, sering kali membuat ribed. Dalam sebuah acara, harus ganti-ganti lensa karena kebutuhan keadaan. Menyadari hal itu, saya mulai berpikir untuk membeli kamera prosumer dengan lensa tele yang cukup panjang.

Untuk kamera jenis ini pilihan pertama jatuh pada Fuji Finepix 4500 memiliki panjang fokal setara 24-750 (pada lensa 35 mm). dengan panjang fokal seperti ini bisa menjadi kandidat pengganti kamdig jadul saya atau mengisi posisi Nikon D3100.

Pilihan keduanya adalah Nikon Coolpix L810. Memiliki fokal setara 22.5-585 (pada lensa 35 mm). Nama besar Nikon di kancah dunia kamera menjadi jaminan kualitas. Namun dari sisi harga dan kemampuan yang ditawarkan Fuji, rasanya saya akan menjadikan Fuji Finepix 4500 sebagai pilihan pertama.

Sedang untuk kamera pocket, hati saya terjatuh pada Olympus TG-805. Salah satu alasannya adalah kemampuan waterproof yang dimilikinya bisa sampai 10 meter. Kemampuan itu mendukung hobi menyelam saya. Cuma harganya makjaaang.. lumayan berat juga ya. lebih mahal dari Fuji Finepix 4500. Harga yang mahal itu mungkin karena kemampuan waterproofnya.

itulah beberapa kandidat kamera yang dipikirkan untuk mengganti kamera digital kodak seri M yang sudah lama saya pakai. semoga saja salah satunya bisa terbeli atau ada rejeki dari yang tak disangka-sangka. 

0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah memberikan komentar pada posting ini... sukses selalu

    Blogger news

    Blogroll

    About