22 Januari 2014

Aplikasi perpustakaan android

Jika anda mempunyai banyak buku dan tersebar di mana-mana, susah untuk inventarisasi bahkan dipinjam oleh teman dan tak kembali, sepertinya ada baiknya melongok aplikasi android untuk membantu inventarisasi buku perpurtakaan anda. fungsi yang umum adalah fungsi inventarisasi buku, peminjaman dan lokasi.

Aplikasi ini yang saya pakai untuk membantu mengorganisir buku-buku saya. dari segi tampilan rak buku menurut saya menarik. Sayang kemampuan mengenal buku lewat searching ISBN dan barcode scanner tak begitu baik. Versi lite-nya hanya mengizinkan 15 buah buku saja.

Kemudahan yang saya rasakan adalah kemungkinan input data buku dari PC atau dari perangkat android yang kita miliki. Data buku kita akan tersimpan di data Home Library. Jadi tidak khawatir jika data di perangkat hilang. Tinggal masuk ke akun Home Library dan lakukan sinkronisasi.


Kemampuan input data dengan searching key word dari internet cukup bagus. namun karena tampilannya terkesan tak rapih maka tak menjadi pilihan saya.
Status yang open source memungkinkan untuk pengembangan yang lebih baik lagi.








Menurut saya kekurangan dari aplikasi ini adalah cara input data yang cukup bertele-tele. Untuk memasukan sebuah buku saja harus mengklik sampai 3 kali. padalah kalau menggunakan sistem sederhana saja aplikasi ini masuk dalam list saya.







Aplikasi ini mengelola file buku buku dalam book.google.com. Sayang untuk bisa menjadikannya sebagai book reader kita memerlukan aplikasi lainnya seperti aldiko, springpad atau kindle.

Aplikasi ini adalah bawaan dari Asus sl 101. Aplikasi ini tak cocok jadi pilihan untuk inventaris buku-buku. Kelebihannya adalah untuk menginventarisir buku digital dan file-file PDF.




5. Kindle
Aplikasi gratis ini menawarkan akses ke ebook gratis atau berbayar. Juga dapa disinkronisasi dengan perangkat linnya sehingga anda bisa membaca di manapun juga.
Sebaiknya aplikasi perpustaan anda juga dilengkapi dengan aplikasi Barcode Scanner yang akan berfungsi ketika aplikasi perpustakaan anda memiliki fungsi mencari buku dengan melacak barcode. 

Nah itulah beberapa aplikasi perpustakaan yang bisa membantu membereskan inventarisasi buku-buku berharga anda. salam 

0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah memberikan komentar pada posting ini... sukses selalu

    Blogger news

    Blogroll

    About