21 April 2014

Kuliner Bandung - Gudeg Yu Nap

Hari ini (21/04/14) saya bertamu ke H. Surahman, salah seorang jamaah Babussalam di daerah Gunung Batu. Mendekati siang, setelah ngobrol lama, Pak Haji mengajak makan di sebuah tempat yang baru pertama kali saya dengar. Yu Nap begitu saya mendengarnya. Dikira makanan dari korea atau sejenisnya. Taunya makanan khas dari yogya, gudeg. yang jadi brandnya adalah mbak (atau mbok) Yu Nap alias Zaenap (zaenab?).

Setelah keluar dari komplek perumahan dan menyusuri jalan melingkar. sampailah di Jalan Gunung Batu. Mobil masuk ke perumahan Cipta Graha. Pas di hook jalan sudah terlihat bentangan spanduk bertulis Gudeg Yu Nap. Sekilah terlihat seperti warung gudeg biasa saja, namun kalau sudah masuk maka kita akan terbawa oleh nuansa jaman doeloe. Deretan barang-barang yang bisa dibilang tua terpajang sebagai ornamen dinding. Panci dan wajan berbagai ukuran juga ikut menghiasi sebagian dinding. Saya lihat ada setrika arang. Ketika sekolah setrika seperti itu sering digunakan. Sebuah sepeda onthel tergantung di atap mengingatkan pada becak di kantor Google.

Karena yang dijadikan jualan adalah gudeg, maka saya memesan Gudeg dengan ayam kampung dan..... hati harimau atau jengkol. Minumnya cingcau hitam tidak pakai es. Gudegnya kering dan menurut perut saya yang lapar memang pas dan enak. Ditambah sedikit sambal membuat nafsu makan semakin menjadi. Kreceknya juga pas untuk mengimbangi rasa manis dan pedas dari gudeg berbalut sambal. Ukuran ayam kampungnya menurut saya termasuk big size. Agak kesulitan menghabiskannya. daaaan....semur jengkolnya itu lho. lembut ketika digigit. tak ada bau jengkol yang menyengat (entah kalau nanti pas buang air). semua habis saya lalap. 

Sambil mendengarkan gamelan jawa dan lagu hip hop berbahsa jawa dari sebuah speaker, saya menghabiskan minuman penutup, scngcau hitam tak pakai es. Cingcau yang tawar dan air gula menjadi minuman penutup yang secara keseluruhan menjadikan Gudeg Yu Nap itu makanan yang manis. 





Gudeg, ayam kampung dan krecek

Jengkol si hati harimau

Teh pahit. Penawar rasa manis gudeg

Adv jadoel







0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah memberikan komentar pada posting ini... sukses selalu

    Blogger news

    Blogroll

    About