22 November 2013

Ada 12 Imam Syiah di Mesjid Nabawi

4 Khulafaur Rasyidin dan 12 Imam Syiah
Jika anda melaksanakan ibadah haji atau umroh, saat di mesjid Nabawi cobalah tengok nama-nama yang tertulis di dalam masjid, tepatnya di tempat yang ada payung. Ruangan terbuka yang di sisi-sisinya tertulis nama para sahabat, tabiin, dan tabiit tabiin.

Yang namanya tertulis di situ tentu saja orang-orang penting dan mempunyai peran dalam perkembangan islam. Ada 4 khulafaurrasyidin, ada empat imam madzhab fiqih sunni dan ada 12 nama Imam Syiah.
Imam Syiah namanya tertulis di mesjid Nabi? ya kenyataannya seperti itu.

Di antara nama imam syiah, nama Imam Ja'far Shadiq mungkin lebih dikenal -selain Imam Ali, Hasan dan Husein- di kalangan Sunni. Selain karena penamaan madzhab syiah juga sering disebut madzhab Ja'fari, beberapa imam sunni juga pernah belajar kepada beliau. Imam Abu Hanifah misalnya pernah mengatakan bahwa kalau tidak belajar kepada Imam Ja'far selama 2 tahun maka celakalah Nu'man. Selain Abu Hanifah, Imam Malik juga belajar kepada Imam Ja'far.


Kembali kepada tulisan di mesjid Nabawi, entah sejak kapan nama-nama itu tertulis di situ dan apa motivasinya , saya belum menemukan penjelasan memuaskan. Dalam tulisan saya yang lain, saya mencoba menangkap pesan persatuan yang penting dilakukan ummat islam. Sebab hanya dengan persatuan kaum muslimin lah maka kejayaan islam dapat diraih.

Imam Zainal Abidin

Imam Muhammad Al Baqir

Imam Ja'far Shadiq

Imam Musa Al Kadzim

Imam Ali Al Ridho

Imam Muhammat Taqi Al Jawad

Imam Ali An Naqi

Imam Hasan Al Askari

Imam Muhammad Al Mahdi

4 Imam Madzhab



2 komentar:

  1. allahumma solli la muhammad wa ali muhammasd wa ajjil farojahum...

    BalasHapus
    Balasan
    1. allahumma shalli ala muhammad wa ali muhammad wa ajjil farajahum

      Hapus

terima kasih sudah memberikan komentar pada posting ini... sukses selalu

    Blogger news

    Blogroll

    About