26 Februari 2014

Tolong usir lalat-lalat ini

Suatu hari seorang raja melintas padang pasir. di tengah padang pasir, dan panas yang menyengat raja melihat seseorang sedang berteduh di bawah rerimbunan pohon.

Raja melihat bahwa orang yang berteduh itu membutuhkan pertolongan maka dia mendekat ke tempat berteduh. Setelah tiba di dekatnya raja berkata dengan sedikit angkuh, "Aku adalah pemilik tahta kerajaan dan penguasa daerah ini. Jika punya kebutuhan, minta saja padaku dan aku akan membawanya untukmu"

sambil tak mengubah duduknya orang tersebut berkata, "Wahai tuan raja yang hidup dalam gelimang harta dan kenikmatan, dengan kekuasaan yang engkau miliki tolong usir lalat-lalat yang sangat menggangguku ini!"

Raja terkesiap mendengar permintaan orang itu. Dilihatnya memang banyak lalat mengerubunginya. Tapi raja pun tak bisa berbuat apa-apa. Raja lalu berkata, "Pekerjaan itu sangat sulit. Lalat-lalat itu tak mungkin mendengarkan perintahku."

Mendengar pengakuan raja, orang itu lalu berdiri dan berkata, "Kalau begitu silahkan tinggalkan saya. Terhadap seekor lalat saja engkau tak punya kuasa, bagaimana mungkin engkau dengan sombong mengakui sebagai pemilik tahta dan penguasa daerah in?"

Orang itu melanjutkan, "Saya dan anda tidak berada di bawah duli siapapun. Oleh karena itu segala jenis keangkuhan dan kesombongan hendaknya dijauhi" (kisah dari Attar)

0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah memberikan komentar pada posting ini... sukses selalu

    Blogger news

    Blogroll

    About