15 Februari 2015

Ayo Lihat Bunga Bangkai di Tahura Ir. H. Djuanda Bandung

Tahu kan bunga yang baunya seperti bangkai? Ya, karena baunya itu si bunga keren ini diberi nama bunga bangkai. Bunga yang satu ini dari jenis Amorphopallus titanum, sebab biasanya sebutan bunga bangkai juga diberikan pada Raflessia arnoldi. Nah bunga raksasa khas dari Bengkulu ini sedang mekar lho di Taman Hutan Raya (tahura) Ir. H. Djuanda Bandung.

Umbi bunga bangkai yang mekar di Tahura memang diambil dari cagar alam Taba Pananjung Bengkulu pada tahun 2006. Empat umbinya ditanam di area tahura. Sepengetahuan saya tiga umbinya sudah pernah berbunga.

Menurut salah satu tetangga saya, nama daerah bunga bangkai ini adalah suweg. Di depan rumahnya tumbuhan ini tumbuh subur. Saya pernah mengambil beberapa umbi dan menanamnya. Sayang tanaman itu tidak tumbuh. Saya tertarik menanamnya karena menurut tetangga saya itu, umbi bunga bangkai ini bisa dimakan.

Menurut wikipedia, Bunga bangkai atau suweg raksasa atau batang krebuit (nama lokal untuk fase vegetatif), Amorphophallus titanum Becc., merupakan tumbuhan dari suku talas-talasan (Araceae) endemik dari Sumatera, Indonesia, yang dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga (majemuk) terbesar di dunia, meskipun catatan menyebutkan bahwa kerabatnya, A. gigas (juga endemik dari Sumatera) dapat menghasilkan bunga setinggi 5 m. Bau seperti bangkai yang membusuk, dimaksudkan  untuk mengundang kumbang dan lalat penyerbuk bagi bunganya. 

Nah yang ingin melihat salah satu keunikan flora nusantara, buruan datang ke Tahura Ir. H. Djuanda Bandung dan buktikan sendiri kalau si bunga dengan tinggi mencapai 3 m ini memang memiliki bau bangkai.


0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah memberikan komentar pada posting ini... sukses selalu

    Blogger news

    Blogroll

    About