Menurut Prof. Suhono, jika smart village
mengupayakan adanya pembenahan di desa-desa dan berupaya menahan laju
urbanisasi maka hal ini akan menjadi jodoh sepadan dengan konsep Smart City.
Sebab bila arus urbanisasi dari desa tidak ditahan maka segala pembangunan dan
permasalahan hanya akan bertumpuk di kota.
Bersyukur, sekarang konsep Smart Village sudah
digaungkan. Apalagi didukung oleh XL dengan program Xmart Village nya maka akan
semakin banyak desa yang akan diarahkan menjadi desa cerdas.
Program Xmart Village 2.0 adalah layanan dari XL yang
mengintegrasikan sejumlah layanan digital yang dikemas dalam suatu program
layanan masyarakat. Program-program seperti Mobile Advertising, Mobile Farmers,
Musikkamu, Mobile Banking, AMR, Mobile Surveillance, Integrated Website, Call
Center, Training, dan XCloud Solution menjadi pemicu dari pengembangan smart
village.
Asyik bener dah jika desa-desa bisa berkembang
dengan bantuan teknologi yang cepat, murah dan jangkauannya sangat luas.
Program Xmart Village ini dimulai sejak Januari
2015 dan bertempat di Desa Lamajang, Kabupaten Bandung dan Desa Cipacing,
Kabupaten Sumedang ini menerapkan sejumlah inisiatif yang diusung Xmart Village
1.0 dan sejumlah inisiatif baru.
Menurut Onky Kurniawan, Direktur & Chief
Digital Service Officer XL “Xmart Village merupakan sumbangsih nyata XL untuk
memajukan Indonesia yang diwujudkan dalam program-program tepat guna berbasis
teknologi digital bagi masyarakat pedesaan. Saat ini, teknologi digital telah
membawa seluruh bangsa Indonesia menuju peradaban baru. Teknologi digital juga
telah mengubah bagaimana cara kita hidup, berpikir, dan beraktivitas. Teknologi
digital memungkinkan apa yang sebelumnya tidak mungkin dan mampu mengubah
masalah menjadi peluang. “
Di Xmart Village 2.0 XL mengimplementasikan 12
inisiatif yang merupakan kombinasi inisiatif lama di Xmart Village 1.0 dan
inisiatif baru. Beberapa inisiatif tersebut antara lain pembuatan website
sebagai alat promosi wisata Lamajang dan Cipacing. Website ini nantinya
diharapkan mampu mempermudah masyarakat luas untuk mendapat informasi mengenai
berbagai aktivitas dan tempat-tempat menarik di kedua desa tersebut.
Selain itu XL juga memfasilitasi sara promosi dan
penyediaan informasi yang didukung dengan layanan “SMS Blast” yang disebar ke
wilayah sekitar yang berisikan konten-konten yang menjadi daya tarik utama desa
Lamajang dan Cipancing. XL juga menyediakan layanan serupa call center untuk
mendukung promosi pariwisata setempat.
Cipacing, misalnya. Yang tadinya dikenal sebagai
pembuat senapang angin, dengan program Xmart Village 2.0 XL masyarakat umum
dapat mengenal potensi-potensi lain yang dimiliki. Biaya promosinya juga murah.
Senada dengan itu, Lurah Lamajang, mengatakan
bahwa program Xmart Village 2.0 ini telah
mampu mendorong masyarakat pedesaan memaksimalkan potensi desa dengan
menerapkan berbagai solusi digital. Desa kamajang yang tadinya tidak dikenal,
menjadi desa wisata yang meriah.
Semoga saja, ke depannya makin banyak desa yang
diberdayakan oleh program Xmart Villagenya XL ini dan semakin maju dan jayalah
desaku.
0 komentar:
Posting Komentar
terima kasih sudah memberikan komentar pada posting ini... sukses selalu