10 November 2015

Jodohnya desa, ya Xmart Village




Menurut Prof. Suhono, jika smart village mengupayakan adanya pembenahan di desa-desa dan berupaya menahan laju urbanisasi maka hal ini akan menjadi jodoh sepadan dengan konsep Smart City. Sebab bila arus urbanisasi dari desa tidak ditahan maka segala pembangunan dan permasalahan hanya akan bertumpuk di kota.

Bersyukur, sekarang konsep Smart Village sudah digaungkan. Apalagi didukung oleh XL dengan program Xmart Village nya maka akan semakin banyak desa yang akan diarahkan menjadi desa cerdas.

Program Xmart Village 2.0 adalah layanan dari XL yang mengintegrasikan sejumlah layanan digital yang dikemas dalam suatu program layanan masyarakat. Program-program seperti Mobile Advertising, Mobile Farmers, Musikkamu, Mobile Banking, AMR, Mobile Surveillance, Integrated Website, Call Center, Training, dan XCloud Solution menjadi pemicu dari pengembangan smart village. 

Asyik bener dah jika desa-desa bisa berkembang dengan bantuan teknologi yang cepat, murah dan jangkauannya sangat luas.

Program Xmart Village ini dimulai sejak Januari 2015 dan bertempat di Desa Lamajang, Kabupaten Bandung dan Desa Cipacing, Kabupaten Sumedang ini menerapkan sejumlah inisiatif yang diusung Xmart Village 1.0 dan sejumlah inisiatif baru.

Menurut Onky Kurniawan, Direktur & Chief Digital Service Officer XL “Xmart Village merupakan sumbangsih nyata XL untuk memajukan Indonesia yang diwujudkan dalam program-program tepat guna berbasis teknologi digital bagi masyarakat pedesaan. Saat ini, teknologi digital telah membawa seluruh bangsa Indonesia menuju peradaban baru. Teknologi digital juga telah mengubah bagaimana cara kita hidup, berpikir, dan beraktivitas. Teknologi digital memungkinkan apa yang sebelumnya tidak mungkin dan mampu mengubah masalah menjadi peluang. “

Di Xmart Village 2.0 XL mengimplementasikan 12 inisiatif yang merupakan kombinasi inisiatif lama di Xmart Village 1.0 dan inisiatif baru. Beberapa inisiatif tersebut antara lain pembuatan website sebagai alat promosi wisata Lamajang dan Cipacing. Website ini nantinya diharapkan mampu mempermudah masyarakat luas untuk mendapat informasi mengenai berbagai aktivitas dan tempat-tempat menarik di kedua desa tersebut.

Selain itu XL juga memfasilitasi sara promosi dan penyediaan informasi yang didukung dengan layanan “SMS Blast” yang disebar ke wilayah sekitar yang berisikan konten-konten yang menjadi daya tarik utama desa Lamajang dan Cipancing. XL juga menyediakan layanan serupa call center untuk mendukung promosi pariwisata setempat.

Cipacing, misalnya. Yang tadinya dikenal sebagai pembuat senapang angin, dengan program Xmart Village 2.0 XL masyarakat umum dapat mengenal potensi-potensi lain yang dimiliki. Biaya promosinya juga murah. 

Senada dengan itu, Lurah Lamajang, mengatakan bahwa program Xmart Village 2.0  ini telah mampu mendorong masyarakat pedesaan memaksimalkan potensi desa dengan menerapkan berbagai solusi digital. Desa kamajang yang tadinya tidak dikenal, menjadi desa wisata yang meriah.

Semoga saja, ke depannya makin banyak desa yang diberdayakan oleh program Xmart Villagenya XL ini dan semakin maju dan jayalah desaku.

0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah memberikan komentar pada posting ini... sukses selalu

    Blogger news

    Blogroll

    About