16 Maret 2008

Ayat-ayat Kampanye

di indonesia (dan mungkin di beberapa negara tertentu) slogan-slogan kampanye menjadi sesuatu yang sakral. sakral dalam artian kita harus hati hati mengeluarkan kata-kata itu dan. tiba-tiba saja kata-kata biasa berubah menjadi memiliki nuansa politis tertentu.

masa pemilihan presiden dulu, SBY JK mengusung jargon 'bersama kita bisa'. di amrik sana Obama membuat jargon Obamacan dll.

di Jawa Barat kata-kata seperti DA'I, AMAN dan HADE dijadikan jurus jualan para calon gubernur dan menjadi kata-kata yang harus hati-hati mengucapkannya, karena sudah dimasuki muatan politis, kepentingan golongan dan janji-janji.

seorang Kapolres yang datang ke rumah, misalnya, ketika ditanya bagaimana keadaan ciburial. jawaban umum yang sering terdengan biasanya adalah 'aman dan terkendali'. Pak Kapolres segera menambahkan "ah, pak saya mah bukan pendukung salah satu calon. (he he, siapa juga yang nanya ya)

bukan hanya pak kapolres, hal itu juga menimpa saya. dalam acara tabligh akbar maulid Nabi saw dan milad Pesantren Babussalam yang hari dilaksanakan hari ahad kemarin (16-03-08), saya dikritik oleh pendukung salah satu calon, karena mengungkapkan ayat yang katanya mendukung calon lainnya (dalam hal ini Agum dan Nukman - AMAN). Dia bilang ayat-ayat kampanye (mungkin dia juga terinspirasi oleh film AAC). harusnya, kata dia, saya mencari ayat lain yang lebih netral dan tidak mendukung salah satu calon.

saat itu saya memang hendak mengingatkan pak Nukman sebagai calon wakil gubernur yang maju bersama Agum, bahwa salah satu tugas pemimpin sebagaimana yang diungkapkan dalam surat al quraiys adalah bisa memberi makan rakyatnya dan memberikan rasa aman dari ketakutan. ini yang disebut teman saya tadi sebagai ayat-ayat kampanye

0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah memberikan komentar pada posting ini... sukses selalu

    Blogger news

    Blogroll

    About