21 September 2013

Menanam Sayur dalam pot

Bagaimana sih menanam sayuran dalam pot? sangat mudah. persiapkan saja senjata dan amunisinya. hee kayak mau perang saja. Iya dong. Lha menanam itu seperti mau berperang kok. akan ada rintangan dan musuhnya. Lalu apa saja yang mesti dipersiapkan.

1. NIAT. Bagi saya niat ini sangat penting. Mau apa dengan kegiatan menanam itu? hobi, bisnis atau penghilang stress. boleh saja. Yang saya dapatkan dari menanam itu seperti belajar tentang manusia dan tabiatnya. Apalagi Rasulullah pernah mengatakan (kira-kira begini) jika di tanganmu ada benih yang siap ditanam kemudian kamu tanam walaupun yakin besok terjadi kiamat, maka akan dihitung sebagai kebaikan. aja juga sabda nabi yang mengatakan, "setiap tumbuhan yang ditanam dan kemudian dimakan oleh hewan-hewan maka kamu mendapat pahala". begitulah kira-kira pahalanya. 

2. PERLENGKAPAN BERKEBUN. sekop, alat siram, pot, selang atau perlengkapan yang lainnya. seperti kopi atau susu buat ransum tukang kebunya. Pot bisa menggunakan barang-barang bekas dan tak dipakai. 

3. BIBIT. Nah bibit apa yang mau ditanam? saya merekomendasikan kangkung. gampang ditanam dan cepat dipanen. Sayuran lainnya bayam, selada, seledri, sawi dan lainnya. bibit juga bisa didapat dari limbah dapur. sisa akar dari bawang daun, kangkung, bawan dan lainnya bisa dipakai untuk penanaman awal. Kalau saya menyukai dari bijinya saja. selain bisa mengamati hari demi hari, biasanya pertumbuhannya juga lebih besar dan cepat dibanding bibit dari limbah dapur. Bibit dapat dibeli di toko-toko pertanian atau di warnet terdekat jika mau memesan secara online. satu sachet akan terdiri dari banyak biji. oleh karena itu perlu juga menjadi pertimbangan dalam pembelian media tanam dan pot yang mau di tanam.

4. MEDIA TANAM. Tergantung dari teknik apa yang mau dipakai. Kalau mau konvensional berarti harus menyiapkan tanah yang sudah dicampur dengan kompos atau pupuk kandang. penggunaan pupuk kandang dan kompos akan semakin baik buat tanaman. jika mau menggunakan hidroponik berarti media yang dipergunakan  adalah air dan nutrisi (pupuk). sementara kita akan gunakan tanah sebagai media tanam dalam pot.

Nah Sementara itu dulu ya. nanti kita sambung lagi.



0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah memberikan komentar pada posting ini... sukses selalu

    Blogger news

    Blogroll

    About