01 Januari 2015

Menanam Pohon pada 1/1/15

Kegiatan apa sih yang enaknya dilakukan pada hari pertama tahun 2015? Kalau jalan-jalan ke Bandung kota, diperkirakan akan macet dan terbukti Bandung macet cukup parah. Lagian tidak begitu suka bejibun dalam kemacetan liburan. Tahu kan, Bandung kalau liburan seperti apa?

Akhirnya diputuskan untuk menanam pohon saja di kebun. Kebetulan juga pagi-pagi Bapak telepon minta dibawakan parang yang ketinggalan. Rupanya bapak sudah ada di kebun. Akhirnya saya bersama anak-anak pergi ke kebun untuk menanam pohon.

Pohon yang ditanam tidaklah terlalu banyak, namun jika setiap tahun dibiasakan menanam beberapa pohon di lahan kosong lahan lama-lama lahan akan penuh juga. Saya memang mencoba membiasakan menanam pohon di momen-momen penting. Saya ingat tanggal 1/1/11, tahun baru islam dan muludan kami juga menanam beberapa pohon di kebun dan sekarang tingginya sudah 3 meter-an.

Menanamnya sebetulnya gampang saja. Yang susah justru setelah menanmnya. Saya pernah menanam 1000 pohon di sekitar rumah namun hanya beberapa saja yang tumbuh. Sisanya kalah oleh tumbuhan liar lainnya, tersabit pencari rumput tanpa sengaja atau ada juga yang pohonnya sudah tinggi tapi kemudian ditabrak motor.

Momen seperti ini juga saya manfaatkan untuk mengenalkan beberapa tumbuhan di sekitar rumah. Anak-anak sekarang tidak banyak kenal tanamanan di sekitarnya. Pernah ada yang nanya pohon tebu itu seperti apa. Sayangnya tanaman tebu saya rusak sehingga tidak bisa menunjukannya.

Sebetulnya tujuan saya menanam itu agar bisa beramal setiap saat-setiap waktu. Bukankan setiap tumbuhan ikut mengeluarkan oksigen? Jika pohon yang saya tanam bisa tumbuh baik dan berkontribusi pada kualitas udara di tempat saya, bukankan saya beramal tanpa diketahui ? Kata Nabi tercinta, sedekah paling baik adalah ketika tangan kiri tidak tahu apa yang dilakukan tangan kanan. Dengan menanam pohon, tangan kanan dan kiri tidak tahu pahala apa yang mengalir dari sebuah pohon

0 komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah memberikan komentar pada posting ini... sukses selalu

    Blogger news

    Blogroll

    About